Timnas Italia mengalahkan Wales 1-0 pada laga penutup Grup A Euro, Keduanya Sama-sama Lolos ke Babak 16 Besar

Timnas Italia mengalahkan Wales 1-0 pada laga penutup Grup A Euro, Keduanya Sama-sama Lolos ke Babak 16 Besar
Gelandang timnas Italia Matteo Pessina (kanan) merayakan golnya ke gawang Wales pada laga pamungkas Grup A Euro 2020 di Stadio Olimpico, Roma, Italia, Minggu (20/6/2021).

BORNEOTRIBUN.COM - Timnas Italia mengalahkan Wales 1-0 pada laga penutup Grup A Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Minggu waktu setempat (Senin WIB), namun keduanya memastikan lolos ke babak 16 besar.

Gol tunggal Matteo Pessina menjadi pembeda antara Italia dan Wales yang harus mengakhiri pertandingan dengan 10 orang karena Ethan Ampadu mendapat kartu merah pada menit ke-55.

Italia lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup A, disusul Wales sebagai runner-up berbekal keunggulan selisih gol atas Swiss.

Ini tak lepas dari hasil di Baku, Azerbaijan, di mana Swiss "hanya" menang 3-1 atas Turki, demikian menurut situs resmi UEFA.

Meski terus menekan, Italia tak pernah mampu menciptakan peluang berbahaya yang mengancam gawang Wales selama hampir 40 menit dari awal.

Segalanya berubah ketika Italia menemukan tendangan bebas di sayap kiri dan umpan silang Marco Verratti dikonversi oleh Pessina untuk memecah kebuntuan dan membawa Gli Azzurri unggul atas Wales pada menit ke-39.

Pessina, yang masuk dalam skuat terakhir Italia untuk Stefano Seni yang cedera, mencetak debutnya di turnamen prestisius itu dengan langkah cerdik untuk mencontek tendangan bebas Verratti yang cukup mengecoh kiper Danny Ward.

Gol tersebut memicu kepercayaan diri para pemain Italia namun keunggulan 1-0 tidak berubah hingga peluit turun minum.

Delapan menit memasuki babak kedua Italia nyaris menggandakan keunggulan mereka ketika Federico Bernardechi melepaskan tendangan bebas yang kuat, tetapi bola membentur tiang.

Tugas Wales untuk bangkit semakin rumit ketika Ampadu menerima kartu merah langsung dari wasit Ovidiu Hategan pada menit ke-55. Ampadu terlihat terlambat menjegal Bernardeschi di depan Hategan, sebuah pelanggaran yang sebenarnya lebih pantas hanya mendapat kartu kuning,

Namun wasit Rumania berpikir sebaliknya dan langsung mengeluarkan kartu merah, menjadikannya satu-satunya wasit yang mengeluarkan kartu merah di Euro 2020, setelah ia juga mengeluarkan kartu merah dari gelandang Polandia Grzegorz Krychowiak.

Situasi 11 lawan 10 jelas memberi Roberto Mancini keleluasaan untuk melakukan banyak perubahan dan memberi peluang debut Euro 2020 bagi pemain seperti Giacomo Raspadori, Gaetano Castrovilli dan bahkan kiper Salvatore Sirigu.

Di babak 16 besar, Italia akan menunggu runner-up Grup C, yakni Ukraina atau Austria.

Sementara itu, Wales akan berhadapan dengan runner-up Grup B yang masih bisa diperebutkan oleh empat tim di grup, yakni Belgia, Rusia, Finlandia, atau Denmark.(*)

Tinggalkan Komentar

Back Next