Southgate bilang atmosfer Wembley suntik energi Inggris atasi Jerman


BORNEOTRIBUN.COM - Gareth Southgate menyatakan atmosfer yang tercipta di Stadion Wembley pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB) mampu menyuntik energi bagi tim nasional Inggris yang menaklukkan Jerman 2-0 dalam laga 16 besar Euro 2020.

"Ini hasil yang luar biasa. Inggris tidak pernah mengalahkan Jerman dalam pertandingan babak gugur sejak final Piala Dunia 1966 di sini," kata Southgate selepas laga dikutip dari laman resmi UEFA.

Energi yang disuntikkan publik Wembley berhasil disalurkan oleh Raheem Sterling dan Harry Kane yang mencetak dua gol kemenangan Inggris.

Lini tengah dan belakang Inggris juga mampu meredam ancaman Jerman, bahkan kiper Jordan Pickford berhasil mementahkan tembakan Timo Werner dan Kai Havertz serta mengintimidasi Thomas Mueller dalam situasi satu lawan satu.

Southgate bahkan menyatakan bahwa meski tak sampai separuh dari kapasitas 90 ribu penonton Wembley terisi, tapi atmosfer di laga kontra Jerman melampaui ketika stadion itu terisi penuh.

"Saya pernah berada di sini dengan kapasitas penuh dan rasanya tidak mendapat atmosfer setingkat hari ini. Mereka berada di belakang para pemain untuk setiap upaya merebut bola, mengawal lawan dan setiap pergerakan pemain kami," katanya.

"Energi sangat luar biasa di stadion dan bisa mengantarkan mereka pulang dengan perasaan segembira ini. Juga mengetahui jutaan orang lainnya, setelah tahun yang sulit, bisa mendapat kenikmatan yang kami berikan hari ini sangatlah luar biasa," ujar Southgate menambahkan.

Secara pribadi bagi Southgate kemenangan ini juga menjadi ajang penuntasan kekecewaan yang ia rasakan ketika gagal mengeksekusi penalti dalam semifinal Euro 1996 melawan Jerman di tempat yang sama.

Inggris selanjutnya akan menanti pemenang laga 16 besar lain antara Swedia kontra Ukraina yang bakal jadi lawan mereka di babak perempat final di Roma, Sabtu (3/7) nanti. (*)

SB: Antaranews

Tinggalkan Komentar

Back Next