Kepergian Legenda Bulu Tangkis Indonesia Markis Kido: "Duka mendalam bagi Masyarakat Indonesia"

Kepergian Legenda Bulu Tangkis Indonesia Markis Kido: "Duka mendalam bagi Masyarakat Indonesia"
Markis Kido (kanan) dan Hendra Setiawan dari Indonesia mengangkat medali emas mereka di Olimpiade Beijing 2008 di Beijing pada 16 Agustus 2008.

BorneoTribun Badminton - Kepergian legenda bulu tangkis Indonesia Markis Kido membawa duka mendalam bagi masyarakat Indonesia.

Pebulu tangkis Indonesia yang pernah meraih emas di Olimpiade 2008 itu meninggal dunia pada Senin (14/6/2021) malam WIB. Ia dikabarkan meninggal karena serangan jantung.

Tidak hanya Olimpiade, Markis Kido juga berhasil meraih medali kemenangan di sejumlah pertandingan bulu tangkis
Tidak hanya Olimpiade, Markis Kido juga berhasil meraih medali kemenangan di sejumlah pertandingan bulu tangkis. Foto: Adek Berry/AFP

Markis Kido yang dikenal sebagai salah satu legenda ganda putra dalam sejarah bulu tangkis dunia, memulai karir profesionalnya pada tahun 2005. Kido mulai bermain bulu tangkis di klub Jaya Raya, Jakarta.

Prestasi terbaik Markis Kido bukan cuma Olimpiade. Tercatat, bersama Hendra, ia meraih sejumlah gelar juara lainnya
Prestasi terbaik Markis Kido bukan cuma Olimpiade. Tercatat, bersama Hendra, ia meraih sejumlah gelar juara lainnya. Foto: LIU JIN/AFP

Kido meraih karir luar biasa saat dipasangkan dengan Hendra Setiawan. Pada tahun 2007, pasangan unggulan Indonesia ini menjadi juara dunia nomor satu.

Salah satu prestasi terbaik Kido/Hendra adalah meraih medali emas pada Olimpiade 2008 di Beijing, China. Selain membawakan lagu Indonesia Raya, kemenangan mereka pun semakin manis karena berhasil mengalahkan andalan tuan rumah, Cai Yun/Fu Haifeng, di final.

Kebersamaan Markis Kido dan Hendra Setiawan setidaknya terlihat hingga 2012
Kebersamaan Markis Kido dan Hendra Setiawan setidaknya terlihat hingga 2012. Foto: LIU JIN/AFP

Prestasi terbaik Markis Kido bukan hanya di Olimpiade. Tercatat, bersama Hendra, sejumlah gelar lainnya diraihnya: SEA Games (2005, 2007, 2009, 2011); Kejuaraan Asia (2005, 2009); Asian Games (2010); Piala Dunia (2006); dan Kejuaraan Dunia (2007).

Kebersamaan Markis Kido dan Hendra Setiawan setidaknya terlihat hingga 2012. Sejak 2013, Kido mulai berpasangan dengan pemain lain, seperti Marcus Gideon dan Pia Zebadiah.

Tinggalkan Komentar

Back Next